PENGADILAN AGAMA PENAJAM header

on . Hits: 398

Tiga Tahun Berturut-Turut PA Penajam Sabet Mahkamah Agung Award

 

Pengadilan Agama (PA) Penajam kembali sukses menyabet penghargaan. Di ajang Mahkamah Agung Award tahun 2023. Tiga tahun berturut-turut tradisi juara itu dirawat dan pertahankan.

Setiap even Mahkamah Agung Award PA Penajam berhasil mempertahankan tradisi juara. Di Tahun 2021, misalnya, PA Penajam dinobatkan terbaik ketiga implementasi mediasi. Tahun 2022 meningkat sebagai terbaik kedua implementasi mediasi.

MA Award 2

Di Tahun 2023 nama PA Penajam kembali berada di papan atas pengadilan terbaik. Pada momentum HUT Mahkamah Agung (MA) ke-78 tahun yang diperingati tanggal 19 Agustus 2023, PA Penajam kembali menerima penghargaan. Sebagai juara 2 nasional kategori pelaksanaan putusan/eksekusi.

Pengumuman pemenang Mahkamah Agung Award 2023 tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum dan Humas MA Sobandi (Jumat, 18/8) di hadapan Ketua MA dan jajarannya. Acara Mahkamah Agung Award 2023 tersebut dilaksanakan secara luring dan daring melalui zoom meeting yang diikuti oleh seluruh pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding se-Indonesia.

Penghargaan kategori pelaksanaan eksekusi terbaik tersebut patut diapresiasi. Pasalnya, kompetisi ini berjalan fair dan sangat ketat. Skalanya juga nasional. Meraihnya berarti harus mengalahkan ratusan satuan kerja Pengadilan Agama yang tersebar di seluruh daerah. Selain itu, sebagai satker baru yang usianya menginjak lima tahun, anugerah penghargaan dengan kaliber nasional tersebut patut dicatat dengan tinta emas. Pemberian penghargaan oleh Ketua MA adalah barang langka yang didamba oleh setiap Pengadilan.

MA Award 1

Saat Kabiro Hukum dan Humas Mahkamah Agung di atas podium mengumumkan pemenang kategori pelaksanaan eksekusi di pengadilan, secara mengejutkan PA Penajam dinobatkan sebagai pengadilan terbaik kedua. Padahal, PA Penajam mengira tetap mempertahankan tradisi juara di bidang mediasi. Tapi takdir berkata lain dan capaian ini tetap membanggakan. Tiga tahun berturut-turut PA Penajam sabet Mahkamah Agung Award.

Penilaian pelaksanaan eksekusi terbaik tidak hanya pada aspek kuantitas, melainkan juga kualitas. Secara kuantitatif, tim penilai MA menelusuri data yang terekam dalam Sistem Informasi Penelusuran perkara (SIPP) yang dihitung sejak Mei 2022 sampai Mei 2023. Sedangkan penilaian aspek kualitatif dilakukan dengan mengisi kuesioner. Kemudian dilakukan  penyaringan dan pendalaman materi melalui instrumen kuesioner.

Penilaian pelaksanaan eksekusi mengacu kepada Keputusan Ketua MA Nomor 63/KMA/SK/IV /2023. Pada mulanya kelompok Kerja melakukan tahapan penelitian dan pengumpulan data terkait kategori yang dilombakan. Beberapa kategori yang dikompetisikan antara lain (1) gugatan sederhana, (2) peradilan elektronik, (3) mediasi, ( 4) layanan pelaksanaan putusan/eksekusi, dan (5) keterbukaan informasi.

Capaian PA Penajam tersebut merupakan anugerah yang patut disyukuri. Semoga ke depan terus kompak memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat. Bukan sekadar penghargaan yang dicari, tapi bagaimana memberikan layanan yang memuaskan kepada masyarakat pencari keadilan, sehingga akses keadilan mudah dijangkau, murah, dan efisien.

PA Penajam harum semerbak. Namanya menjadi buah bibir. Bukan hanya karena letaknya berada di Ibu Kota Nusantara. Tapi prestasinya yang acap menghiasi panggung berskala nasional. Menilik lika-liku PA Penajam hingga namanya disebut di ajang bergengsi di Gedung Mahkamah Agung Jalan Medan Merdeka Utara, menarik bukan?

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam
Jl. Provinsi KM. 9 Komplek Perkantoran Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur - 76142
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Tabayun : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 6

7

Lokasi Kantor

Sosial Media

11

13

12

14