logo papnj5

on . Hits: 95

PA Penajam Pacu Perdamaian sebagai Mahkota Hukum

Perdamaian merupakan puncak tertinggi hukum. Atas dasar itulah para mediator di Pengadilan Agama (PA) Penajam terus berikhtiar menyelesaikan sengketa melalui jalan perdamaian. Sebab, tidak ada yang dikalahkan dalam proses mediasi yang berakhir damai. Semua pihak akan memperoleh win-win solution.

Grafik tingkat keberhasilan mediasi di PA Penajam tergolong tinggi dan dapat diukur dengan angka. Itulah sebabnya pada tahun 2021 PA Penajam memperoleh anugerah sebagai juara III nasional dalam ajang Mahkamah Agung Award kategori implementasi mediasi terbaik untuk Pengadilan Agama Kelas II.

Pada tahun 2022 tingkat keberhasilan mediasi di PA Penajam masih bertahan di papan atas. Mengacu pada rapor kinerja triwulan (Januari-Maret 2022) yang dirilis Badilag, skor keberhasilan mediasi di PA Penajam tergolong tinggi.

ilustrasi korban perceraian

 

Sesuai Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 2570/DjA/OT.01.2/4/2022, tanggal 28 April 2022, perihal Nilai Akhir Penilaian Prestasi Kinerja Satuan Kerja di Lingkungan Peradilan Agama Triwulan I Tahun 2022) , untuk kategori Pengadilan Agama Kelas II, PA Penajam memperoleh nilai 6,05.

Berdasarkan penelusuran dari raport penilaian prestasi kinerja Triwulan I Tahun 2022, untuk Pengadilan Agama Kelas II hanya ada enam satker yang memperoleh skor mediasi tertinggi dengan angka 6. Mereka adalah PA Bengkalis (6,83), PA Atambua (6,67), PA Sentani dan PA Wangi-Wangi (6,36), PA Penajam (6,05), dan PA Sawahlunto (6,00).

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama memberikan atensi dengan menjadikan mediasi sebagai program prioritas pada tahun 2022. Penyelesaian perkara melalui cara mediasi akan lebih bermanfaat bagi keutuhan keluarga, anak, dan masa depannya. Tidak ada yang dikalahkan dalam sengketa, semua akan diakhiri dengan kemenangan bersama.

Menindaklanjuti program prioritas Badilag, PA Penajam terus berupaya mendongkrak tingkat keberhasilan mediasi. Berdasarkan data yang dihimpun, tingkat keberhasilan mediasi di PA Penajam pada Januari-Mei 2022 sebagai berikut:

Tabel Tingkat Keberhasilan Mediasi PA Penajam Januari – Mei 2022

Bulan

Jumlah Mediasi

Berhasil

Berhasil Sebagian

Berhasil dengan Pencabutan

Tidak Berhasil

Januari

7

0

3

4

0

Februari

10

0

4

3

2

Maret

12

0

9

1

2

April

9

0

7

1

1

Mei

9

0

8

2

0

Jumlah

47

0

31

11

5

Keberhasilan mediasi sejatinya bukan hanya memberi keuntungan bagi PA Penajam sebagai prestasi kinerja. Tapi lebih jauh dari itu, entitas keluarga bisa diselamatkan. Anak-anak tidak kehilangan dekapan orang tuanya. Masa depan Indonesia juga akan diisi oleh entitas keluarga yang kokoh, serta keturunan yang memiliki karakter kuat karena lahir dan dibesarkan oleh keluarga yang harmonis.

Tak bisa dibayangkan ketika anak korban perceraian semakin bertambah. Generasi masa depan akan diisi oleh pemuda yang pemurung, labil, dan kehilangan kontrol dan kehangatan keluarga. Jika demikian efeknya, betapa dampak perceraian sangat berpengaruh bagi kekuatan bangsa, bukan?

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam
Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur - 76142
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Tabayun : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 6

7

Lokasi Kantor

Sosial Media

11

13

12

14