logo papnj5

on . Hits: 97

PA Penajam Raih Penghargaan Juara I Kinerja SIPP Tingkat Nasional

 SIPP 1

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama memberikan penghargaan kepada Pengadilan Agama Penajam sebagai satuan kerja yang berhasil meraih peringkat I nasional rapor kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Penilaian tersebut didasarkan pada konsistensi satuan kerja selama tiga bulan berturut-turut (Januari-Maret 2022) dalam mempertahakan peringkat I SIPP.

Badilag setiap minggu merilis rapor kinerja penanganan SIPP. Alhamdulillah selama tiga bulan berturut-turut PA Penajam berhasil meraih peringkat I. Sebagai bentuk apresiasi, Dirjen Badilag Aco Nur memberikan piagam penghargaan yang diumumkan melalui website resmi Badilag. Hal ini sesuai Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Nomor: 2628/DjA/HM.00/5/2022, tanggal 13 Mei 2022, perihal Penghargaan Atas Hasil Kinerja SIPP Periode Januari - Maret Tahun 2022. 

Karena pengumuman penghargaan tersebut bersamaan dengan acara Rapat Koordinasi Pengadilan Agama se wilayah hukum PTA Samarinda di Samarinda, maka Ketua PTA Samarinda Imron Rosyadi menyerahkan piagam penghargaan tersebut secara langsung kepada Ketua PA Penajam Firdaus Muhammad. Di hadapan para peserta rakor, PA Penajam bersama PA Sendawar menerima penghargaan dan ucapan selamat.

Rapor kinerja penanganan perkara di SIPP memiliki tiga item penilaian, antara lain penilaian waktu putus, waktu minutasi, dan bobot upload putusan. Ketiga komponen penilaian ini harus dikawal secara rutin setiap hari agar mendapatkan nilai maksimal (100%). Dari tiga komponen penilaian tersebut, item waktu putus merupakan item penilaian yang sangat berat dan rawan tidak mendapatkan nilai maksimal karena apabila penanganan perkara melewati 30 hari, nilai tidak akan maksimal lagi.

SIPP 2

 

Problemnya, perkara yang ditangani cukup bervariasi. Jika terkait sengketa kebendaan, misalnya, bisa jadi memerlukan proses yang lebih lama karena perlu melakukan pemeriksaan setempat dan lain-lain. Maka itu, diperlukan kepiawaian dan manajemen penyelesaian perkara yang baik.

Prestasi PA Penajam dalam meraih juara nasional merupakan berkat kerjasama dan kekompakan seluruh pegawai dalam mengawal, berkontribusi, dan mempertahakan bobot nilai. Maka itu, kekompakan itu perlu terus dijaga supaya di masa mendatang prestasi PA Penajam terus bersinar.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam
Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur - 76142
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Tabayun : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 6

7

Lokasi Kantor

Sosial Media

11

13

12

14