LOGO web 2 1

on . Hits: 137

Kunjungan Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung Ke Pa Penajam Pertama Kali

Penajam, 10/06/2020. Untuk pertama kalinya sejak Pengadilan Agama (PA) Penajam berdiri pada tahun 2018, Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung (Bawas MA) datang berkunjung ke PA Penajam. Tim terdiri atas Bapak H. Achmad Zainullah sebagai ketua tim yang merupakan inspektur pengawasan wilayah IV, Muh. Irfan Husaini, Hakim Yustisial pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung, H. Mulyanto, Kasubag Pemberhentian dan Pensiun pada Badan Pengawasan, Rezky Azhar, Auditor Keuangan I pada Badan Pengawasan dan Rizki Rantaperkasa, Auditor Kepegawaian 1 pada Badan Pengawasan. Kedatangan Tim Bawas tersebut dalam rangka pengawasan, pembinaan serta silaturahmi dengan satuan kerja baru yang sedang dalam masa proses penanaman pondasi budaya kerja dan lingkungan positif serta dalam upaya mencapai predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM).

Foto Bawas 1

 

Tim Bawas melakukan pemeriksaan dan pengawasan di PA penajam selama 3 hari yaitu sejak 8 – 10 Juni 2021. Pemeriksaan dan pengawasan meliputi seluruh area pengadilan, baik kepaniteraan, kesekretariatan, kepemimpinan dan manajemen pengadilan serta berkas perkara baik secara manual maupun melalui aplikasi.

Kunjungan Tim Bawas MA diakhiri pada tanggal 10 Juni 2020 dengan agenda eksposur atau pemaparan temuan hasil pemeriksaan. Pemaparan secara langsung dan bergantian disampaikan oleh setiap anggota tim sesuai dengan bidang yang diperiksa. Eksposur dibuka oleh Ketua PA Penajam, Firdaus Muhammad, S.H.I., M.H.I dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Tim, Achmad Zainullah. Kemudian, pemaparan pertama disampaikan oleh Irfan Husaini. Sebagai pendahuluan, Ia mengutarakan perlunya sebuah satuan kerja pengadilan untuk memperbaharui berita pada website, hal tersebut berguna selain sebagai sumber informasi positif kegiatan apa saja yang dilakukan oleh sebuah pengadilan juga untuk mengimbangi berita-berita negatif yang kemungkinan muncul yang ditulis oleh pihak luar. “Kalau bisa tulis berita setiap hari, satu kegiatan bisa dibuat lebih dari 1 tulisan. Humas pengadilan yang bertanggung jawab akan terlaksananya hal ini,” ujarnya.

Foto Bawas 2

Secara garis besar Tim Bawas menyampaikan, seringkali dalam kunjungan Tim Bawas MA yang berifat reguler menghasilkan temuan yang bisa berujung pada pemeriksaan. Tim Bawas MA yang datang pada agenda reguler akan melaporkan penyimpangan-penyimpangan yang ditemukan sehingga kemudian Bawas MA akan menurunkan Tim Bawas Pemeriksa. Tidak menutup pula kemungkinan bahwa temuan diangkat ke ranah pidana oleh Tim Bawas. Tentunya tidak ada pengadilan yang menginginkan kedatangan Tim Bawas Pemeriksa tersebut.

Ada banyak hal yang diutarakan oleh Tim Bawas MA yang harus menjadi perhatian seluruh Tim PA Penajam. Antara lain budaya pembubuhan tanda tangan pada lembar kehadiran sebagai laporan pertanggung jawaban pambayaran insentif, kedisiplinan pegawai, penilaian prestasi kerja melalui SIPP, dan sinkronisasi putusan yang diunggah pada SIPP dengan putusan yang dibuat secara lengkap oleh Majelis Hakim hingga disampaikan ke para pihak. Selain itu juga Tim Bawas menyampaikan pentingnya anonimasi putusan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini harus menjadi catatan demi perbaikan kinerja manajemen serta sistem administrasi pengadilan.

Dalam setiap temuan yang disampaikan, Tim Bawas menjelaskan mengapa hal tersebut perlu diperbaiki. Bagaimana cara memperbaikinya dan juga Tim Bawas mengharapkan adanya evaluasi serta pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan pengadilan secara berkala kepada seluruh Tim PA Penajam.

Foto Bawas 5

 

Dalam amanatnya Tim Bawas menyampaikan bahwa ketelitian, pengawasan melekat dan pembinaan merupakan hal yang sangat penting ditanamkan oleh seluruh Tim PA Penajam, dimulai dari Pimpinan, Panitera, Sekretaris, Hakim Pengawas Bidang dan bagian-bagian lainnya. Ditambah lagi dengan hajat PA Penajam yang akan menggunakan anggaran belanja pembangunan Gedung dengan jumlah yang sangat besar. Sistem administrasi yang baik akan sangat berguna bagi kelancaran laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran tersebut.

Menambahkan pemaparan timnya, ketua Tim Bawas MA menyampaikan temuan bidang kepemimpinan dan manajemen peradilan. Bagi satuan kerja yang sedang dalam proses upaya mencapai predikat WBK dan WBBM, kegiatan pemeriksaan dan pengawasan harus dilakukan secara reguler dan dimulai dari Hakim Pengawas Bidang (Hawasbid). Namun tidak hanya sampai di situ, pengawasan oleh Hawasbid harus dinilai oleh pimpinan dan dilanjutkan dengan tindak lanjut dan evaluasi. Hal ini diperlukan agar pengadilan menjadi excellent. Selain membahas mengenai Hawasbid, Ketua Tim juga mengingatkan mengenai evaluasi kinerja Triwulan, eksaminasi putusan hakim, sarana prasarana serta temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Mahkamah Agung (MA).

Foto Bawas 3

Mengakhiri eksposure, ketua Tim Bawas MA berpesan bahwa jangan sampai temuan-temuan hasil pemeriksaan kali ini terulang lagi, kedatangan Tim Bawas kali ini untuk memeriksa dan memperbaiki apa yang masih menjadi kekurangan dan kelemahan agar menjadi lebih baik lagi. “lupakan yang sudah berlalu, perbaiki yang akan datang,” nasihatnya.

Foto Bawas 4

Hasil eksposure tersebut kemudian ditandatangani oleh Tim Bawas dan Ketua PA Penajam serta diserahkan kepada PA Penajam untuk ditindaklanjuti. (hly)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi