Sosialisasi Pelayanan Prima (Service Excellent) Bank Syariah Indonesia di PA Penajam
Foto: Short Course Service Excellent BSI
PA Penajam, Penajam - Pelayanan prima adalah upaya untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, melebihi harapan mereka yang tujuannya adalah untuk menciptakan kepuasan dan pengalaman positif yang berkelanjutan. Pelayanan prima memberikan pelayanan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, ini melibatkan penerapan standar pelayanan yang jelas, pengembangan sumber daya manusia yang profesional, dan penggunaan teknologi untuk mempermudah akses layanan.
Senin (7/7/2025) pukul 10.00 WITA Bank Syariah Indonesia (BSI) yang diwakili oleh Ibu Desi, melakukan Sosialisai Pelayanan Prima (Service Excellent) di Pengadilan Agama Penajam. Hadirnya Sosialisai Pelayanan Prima di Tahun 2025 diharapkan agar PA Penajam saat melayani masyarakat yang berpekara menjadi lebih baik lagi mulai dari komunikasi dan penampilannya sehingga masyarakat menjadi nyaman.
Foto: Latihan Berpakaian dengan Baik
Ibu Desi memberikan masukan kepada para petugas PA Penajam, mulai dari Security, petugas lobi, petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) agar masyarakat menjadi nyaman saat mecari keadilan "Teman-teman adalah wajah PA Penajam paling depan melayani masyarakat, jadi kalian harus melihatkan wajah yang bahagia terlebih dahulu agar bisa mentransfer kebahagian tersebut pada orang lain, hilangkan masalah pribadi saat bekerja kalian harus profesional, karena yang kalian hadapi adalah orang yang berpekara jadi tugas teman-teman harus meredam amarahnya dengan senyuman positif agar mereka nyaman saat berkomunikasi dengan kita. Teman-teman juga harus berpenampilan menarik seperti cara berpakaian dari atas hingga ke bawah sesuai peraturan, penampilan rambut,kumis ataupun jenggot bagi laki-laki, dan penggunaan makeup yang sesuai peraturan bagi perempuan dan berikan pelayanan yang aman, nyaman, cepat, mudah, murah, aman dan Nyaman," tutur Ibu Desi.
Foto: Pemberian Cideramata PA Penajam Ke BSI
Sosialisai pelayanan prima (Service Excellent) diharapkan Ketua PA Penajam bisa memberikan wawasan baru bagi pegawai terutama bagi CPNS baru dan PPNPN Hibah Tahun 2025 "bukan hanya para petugas pelayanan tapi kita semua, mari kita berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat PPU agar mereka nyaman dan mendapatkan solusi bila datang ke PA Penajam, bagi yang tidak bertugas di pelayanan saat ditanya oleh orang tentang kita, teman-teman juga harus bisa menjawabnya tingkatkan lagi pengetahuan teman-teman tentang apa yang ada di PA Penajam," ucap Ketua PA Penajam bapak Fattahurridlo Al Ghany, S.H.I., M.S.I..
Kualitas pelayanan publik yang buruk menyebabkan ketidakpuasan masyarakat, masyarakat yang tidak puas cenderung kehilangan kepercayaan terhadap peradilan dan merasa tidak dihargai sebagai warga negara, memicu ketidakstabilan sosial hingga menyebabkan protes dan demonstrasi sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan.