logo papnj5

Written by H. Achmad Fausi. S.H.I. on . Hits: 117

Ketua Mahkamah Agung Buka Rapat Koordinasi Badan Peradilan Agama Sekaligus Me-Launching Aplikasi SIMTEPA Dan CCTV Online

20220313215832 IMG 8963

Bertempat di Hotel Haris, Surabaya, Badan Peradilan Agama (Badilag) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dari tanggal 13 Maret sampai dengan 15 Maret 2022. Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. membuka kegiatan ini secara langsung. Dalam arahannya, beliau mengapresiasi capaian prestasi yang ditorehkan oleh peradilan agama dan agar prestasi tersebut dipertahankan, pesan beliau.

Selama tahun 2021, peradilan agama banyak meraih penghargaan berupa predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kemenpan RB. Hingga saat ini 104 satuan kerja peradilan agama memperoleh predikat WBK dan 6 satuan kerja meraih predikat WBBM, termasuk Badan Peradilan Agama (Badilag) yang menjadi unit eselon I pertama meraih predikat tersebut.

Selain prestasi di atas, Badilag di penghujung tahun 2021 meraih anugerah “Top Digital Award Bintang 4” dan “Top Leader on Digital Implementation” untuk Direktur Jenderal (Dirjen) Badilag dari Majalah IT Works bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Capaian ini menginspirasi Badilag mengambil tema Rakor Tahun 2022 “Meningkatkan Kinerja Berbasis Teknologi Menuju Peradilan Agama Berkelas Dunia”.

Pada kesempatan ini, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung juga me-launching 2 aplikasi inovasi Badilag, yakni Sistem Informasi Manajemen Tenaga Teknis Peradilan Agama (SIMTEPA) dan Access CCTV Online (A.C.O), menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), serta menyerahkan piagam penghargaan kepada satuan kerja peradilan agama berprestasi.

20220313211557 IMG 8785

Aplikasi SIMTEPA mendukung SIKEP Mahkamah Agung dalam memenuhi kebutuhan Badilag terhadap pengambilan kebijakan promosi dan mutasi secara cepat, tepat, dan paperless. Adapun aplikasi A.C.O mendukung terwujudnya transparansi, pengawasan, dan monitoring kinerja seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama.

Aplikasi A.C.O meraih penghargaan dari MURI sebagai “Lembaga Yudikatif dengan Koneksi CCTV Secara Daring Terbanyak”. Badilag terkoneksi secara realtime dan terpusat dengan 4000 titik CCTV pada 441 satuan kerja peradilan agama di seluruh Indonesia.

20220313215219 IMG 8940

Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., dalam laporannya mengutip sebuah pepatah masyhur “mempertahankan lebih sulit daripada meraih”. Pepatah ini harus menjadi motivasi bagi seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama untuk terus meningkatkan kinerja, tegas beliau. (Ri)

Pers Release dibuat oleh (Rio Satria/HY Biro Hukum dan Humas MA-RI).

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam
Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur - 76142
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Tabayun : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 6

7

Lokasi Kantor

Sosial Media

11

13

12

14