logo papnj5

Written by H. Achmad Fausi. S.H.I. on . Hits: 105

Sekretaris Mahkamah Agung RI Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Peradilan Dalam Ekonomi Islam Pada Universitas Lampung

WhatsApp Image 2022-03-04 at 19.39.17

badilag, 2 maret 2022 

Bertepatan pada hari Rabu tanggal 2 Maret 2022 bertempat Gedung Serba Guna Universitas Lampung Jl.Prof. Sumantri Brojonegoro No.1 Gedung Menteng Bandar Lampung, Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H. dikukuhkan sebagai Guru besar oleh Universitas Lampung. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA .RI beserta para pejabat eselon II dan para Hakim Yustisial Ditjen Badilag.

Pengukuhan Gelar tertinggi pada ilmu peradilan dan ekonomi Islam dengan orasi ilmiah berjudul Hukum Perbankan Syari’ah di Era Industri 4,0 terhadap Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H. ( Sekretaris Mahkamah Agung RI) kali ini dihadiri para Pimpinan Mahkamah Agung RI, Ketua MK, Ketua KY beserta anggota Komisioner, Kementerian, lembaga, Komisi III DPR RI, tokoh nasional, pimpinan ormas serta mitra Mahkamah Agung ikut menghadiri acara tersebut mulai pukul 8.30 hingga selesai secara hikmat, hal tersebut merupakan apresiasi terhadap Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H.

Dengan diraihnya gelar guru besar ilmu peradilan dan ekonomi Islam akan memberi manfaat pada lembaga peradilan dan isntansi, karena saat ini kepakaran dalam bidang ilmu peradilan dan ekonomi Islam dikalangan hakim baru kali pertama ini seorang hakim bisa memperoleh gelar Guru besar dalam bidang ilmu peradilan dan ekonomi Islam,  tentunya momentum tersebut menambah kekuatan serta semangat bagi lingkungan peradilan agama dalam menerima, dan menyelesaikan sengketa perbankan syariah yang diajukan ke Pengadilan Agama.

WhatsApp Image 2022-03-04 at 19.39.16 2

Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H. yang menjabat sebagai Sekretaris Mahkamah Agung yang begitu sibuk dengan program kerja serta agenda kedinasan yang lainnya, masih bisa untuk mengatur serta memanfaatkan waktunya dalam mengembangkan intelektualnya melalui dunia akademis. Hal demikian bukan merupakan hal yang mudah dan tidak setiap orang berkesempatan untuk menggunakan waktunya ditengah kesibukan yang luar biasa.

Apresiasi juga datang dari kalangan luar negeri dan dalam negeri, hal ini menunjukkan bahwa menuntut ilmu sangat penting dan wajib bagi setiap individu tanpa mengenal waktu, usia, status dan yang lebih penting lagi adalah mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada kehidupan nyata dalam memberikan pencerahan bagi umat manusia, lembaga, dan negara.

Di akhir orasi ilmiahnya Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H.  mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan jalan kemudahan sejak usia kecil, mengenyam pendidikan, karir sebagai hakim, hingga akhirnya sampai memperoleh amanah sebagai sekretaris Mahkamah Agung, dan tidak luput keberhasilan tersebut merupakan gemblengan serta restu kedua orang tua yang mengajarkan agar taat pada tuntunan agama Islam yang benar dan mencintai dunia pendidikan. Mari kita semua harus terus mengasah kemampuan sesuai bidang dan keahlian masing-masing, sehingga hidup kita bisa memberikan manfaat kepada orang lain. (aj)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam
Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur - 76142
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Tabayun : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 6

7

Lokasi Kantor

Sosial Media

11

13

12

14