LOGO web 2 1

on . Hits: 122

Lagi, Di Forum Mediasi Para Pihak Sepakati Pemenuhan Hak Isteri dan Anak Pasca-Perceraian

 

Jika perdamaian adalah puncak tertinggi hukum, maka mediasi adalah jalan yang ditapaki menuju puncak itu. Bagi seorang mediator, ketika sengketa berhasil didamaikan, maka kesepakatan perdamaian adalah mahkotanya. Sebab, perkara yang seyogiyanya harus ditempuh melalui prosedur litigasi yang panjang dan berliku, bisa diakhiri dengan win win solution.

Mediasi 2

Tentu perlu penguasaan seni bermediasi. Mulai dari seni mendengarkan, menyelami jantung permasalahan, dan mencari jalan tengah rumitnya persoalan. Kecapakan dan daya pengaruh bagi pihak yang bersengketa juga tak kalah penting. Bagaimana agar para pihak bisa memahami dan menerima tawaran solutif dari mediator secara lapang dada tanpa paksaan merupakan seni berkomunikasi.

Hari ini, Selasa (2/2), salah seorang hakim mediator Pengadilan Agama (PA) Penajam, Achmad Fausi, berhasil (sebagian) mendamaikan perkara perceraian. Meski perkara pokoknya (baca: cerai talak) tidak berhasil didamaikan, namun akibat-akibat hukum yang ditimbulkan dari perceraian yang notabene menjadi hak isteri dan anak berhasil mencapai kesepakatan. Beberapa obyek yang berhasil mencapai kesepakatan antara lain, besaran nafkah iddah, mut’ah, pemegang hak asuh anak, dan besaran nafkah anak.

kutipan kata anak 2

 

Pemenuhan hak-hak perempuan dan anak pasca-perceraian merupakan upaya untuk melindungi kaum perempuan dari dampak yang ditimbulkan. Sensitivitas tersebut sejatinya bisa dibangun sejak di forum mediasi. Sebab mengabaikan pemenuhan hak-hak perempuan dan anak, membuat perempuan harus menanggung sendiri kebutuhan anak tanpa bantuan mantan suami.

Kutipan kata mutiara anak

Ke depan persentase keberhasilan mediasi di PA Penajam perlu terus ditingkatkan. Di samping membantu masyarakat dalam penyelesaian sengketa secara damai, juga jadi poin penilaian prestasi kinerja bagi satker. Sehingga masyarakat damai, PA Penajam juga berprestasi.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi