logo papnj5

on . Hits: 30

Mengulik Inovasi Posnopa

Membuka Akses Keadilan Melalui Pelayanan Gratis

Bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan, layanan hukum yang serba gratis menjadi impian dalam meraih haknya memperoleh keadilan. Apalagi, bagi masyarakat rentan, stigma pengadilan identik dengan suasana horor, elitis, dan tidak pro kaum proletar. Sehingga, tak jarang di antara mereka merasa enggan mengurus hak-haknya di pengadilan dan memilih pasrah kepada nasib lantaran masih berkembang pameo: melapor hilang kambing malah hilang sapi.

Stigmatisasi tersebut kini coba disingkirkan dengan menghadirkan wajah pelayanan peradilan yang ramah, gratis, melindungi kaum papa, dan membuka akses keadilan bagi semua kalangan. Di Pengadilan Agama Penajam, misalnya, kondisi masyarakat pengguna layanan tidak seluruhnya berpendidikan tinggi. Tidak selalu dari kalangan berada. Sehingga, apabila tidak direspons dengan kebijakan yang berorientasi pada kebutuhan dan kualitas layanan, akses keadilan masyarakat akan terus mengalami kebuntuan.

Salah satu jalan terjal yang menghambat aksesibilitas masyarakat dalam memperoleh keadilan ialah problem kesulitan membuat surat gugatan/permohonan. Bagi masyarakat awam hukum, membuat surat gugatan/permohonan adalah pekerjaan sulit. Sehingga, bagi kalangan berduit memilih membayar jasa pengacara. Tapi bagi kelompok miskin dan terpinggirkan, uang lebih utama digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, meskipun pada saat bersamaan ia juga mendambakan memperoleh hak-hak keadilannya.

Berangkat dari problem mendasar tersebut yang notabene menjadi penghalang kedekatan pengadilan dengan masyarakat, PA Penajam menetapkan kebijakan spektakuler dengan membuat inovasi Posbakum Non-DIPA (Posnopa). Inovasi ini merupakan kebijakan yang memberikan pelayanan advis, pembuatan gugatan secara cuma-cuma/Non-DIPA kerjasama dengan Peradi Balikpapan bagi masyarakat yang tidak dapat menggunakan jasa advokat.

1. Penandatangan MoU Posbakum Nondipa

Sebagaimana diketahui, sebagai satker baru, PA Penajam belum memiliki anggaran Posbakum. Tapi kondisi tersebut tidak menyurutkan tekad dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Dari sejak pertama kali layanan ini dibuka setahun yang lalu hingga Agustus 2021,data pengguna layanan Posnopa telah mencapai lebih dari 500 orang.

Berkat inovasi Posbakum Non-Dipa, masyarakat bisa dibantu membuat surat gugatan/permohonan secara gratis. Akses keadilan yang semula terhambat, kini semakin terbuka dan masyarakat semakin mudah mendapatkan haknya melalui jalur hukum. Bayangkan jika tidak ada Posnopa. Masyarakat pasti mengalami kesulitan beracara di PA Penajam. Mereka harus mengeluarkan biaya besar untuk sekadar membuat surat gugatan/permohonan.

2. Dokumen Mou Posbakum NonDipa

Akhirulkalam, Posnopa telah menjadi salah satu instrumen kebijakan dalam mewujudkan asas peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan. Sehingga kualitas layanan PA Penajam selalu membekas di hati masyarakat.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam
Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur - 76142
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Tabayun : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 6

7

Lokasi Kantor

Sosial Media

11

13

12

14