LOGO web 2 1

on . Hits: 165

Diskusi Hukum Bersama Yang Mulia Hakim Agung Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum

Penajam, Rabu/ 30 Juni 2021. Kunjungan Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Yang Mulia Bapak Prof. Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum selain dalam rangka penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Agama Penajam dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) juga untuk mengisi kegiatan diskusi hukum. Masih di tempat yang sama, yakni Aula Kantor Bupati Penajam Paser Utara, diskusi diadakan dengan dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri atas Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda, Hakim Yustisial Mahkamah Agung, Ketua Pengadilan Agama serta Panitera dan Sekretaris PTA Samarinda dan pejabat fungsional dan strukural Pengadilan Agama Penajam. Mengambil tema Pembaruan Hukum dan Peradilan Membangun Birokrasi Peradilan Agama Berstandar Internasional, Yang Mulia menyampaikan beberapa hal mengenai pembaruan pelaksanaan proses peradilan. Beliau menyampaikan sudah saatnya sistem pelayanan peradilan sekarang bersifat prima, modern, humanis, praktis dan berkeadilan.

Foto Pembinaan Hakim Agung 1

 

Pelayanan prima dimaknai dengan pelayanan terbaik yang mencakup tiga aspek, yaitu kemanusiaan, teknis dan substansi pelayanan. “Jangan jadi hakim kaku yang menolak perkara dengan alasan, tidak ada hukum yang mengaturnya,” nasihat beliau. Sementara modern berarti pengalihan pelayanan yang bersifat manual, memakan waktu lama dan tidak akurat menjadi pelayanan yang serba digital, singkat dan akurat. Humanis yaitu menyelesaikan sengketa dengan sisi manusiawi dan naluri seorang manusia disertai manajemen komunikasi yang baik. Praktis berarti mudah, murah dan menyenangkan. Terakhir, berkeadilan artinya adil dalam beracara, adil dalam pelayanan dan adil dalam putusan.

Foto Pembinaan Hakim Agung 3

 

Moderator diskusi, Ahsan Dawi, S.H., S.H.I., M.S.I, mempersilakan kepada para peserta diskusi untuk mengajukan pertanyaan. Dua pertanyaan diajukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Penajam, Achmad Fausi dan Ketua Pengadilan Agama Tarakan, Yurita Heldayanti. Yang Mulia Hakim Agung memberikan solusi dan pesan atas permasalahan seputar hukum acara yang dihadapi sehari-hari oleh hakim.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi