LOGO web 2 1

on . Hits: 108

KHOTMIL QUR’AN MENUTUP PROGRAM KEGIATAN RAMADHAN PENGADILAN AGAMA PENAJAM

Selasa, 11 Mei 2021 (29 Ramadhan 1442 Hijriyah), merupakan hari terakhir Pengadilan Agama Penajam mengadakan kegiatan Ramadhan. Kegiatan Ramadhan yang diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Penajam tersebut berupa solat dzuhur berjama’ah, tausiyah, doa bersama dan program Khotmil Al Qur’an. Acara kegiatan Ramadhan ini secara bergantian diisi oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Penajam. Sepanjang bulan Ramadhan, program Khotmil Al Qur’an dilaksanakan sebanyak dua kali. Periode pertama yaitu tanggal 1 Ramadhan, jatuh pada tanggal 13 April 2021 hingga tanggal 10 Ramadhan atau tanggal 22 April 2021. Sementara periode kedua dimulai sehari setelahnya atau tanggal 23 April 2021 hingga penutupan kegiatan Ramadhan. Proses khotmil qur’an ini dilakukan dengan membagi bacaan ayat Al Qur’an rata-rata satu juz perorang. Pembagian bacaan dilakukan oleh panitia dan dilaporkan melalui grup Whatsapp. Proses ini mengandalkan kepercayaan. Artinya, setiap orang yang melaporkan penyelesaian pembacaan, diyakini telah menamatkan bacaannya. Hingga proses Khotmil Qur’an benar-benar telah sempurna dibacakan seluruh ayat Al Qur’an.

Khatam Al quran

Bertempat di ruang ketua Pengadilan Agama Penajam yang difungsikan juga sebagai tempat solat dzuhur berjama’ah, acara khotmil Qur’an dilakukan dengan bersama-sama membaca juz amma. Kemudian, khotmil qur’an ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Panitera Pengadilan Agama Penajam, Drs. H. Karani Kutni.

Khatam Al quran 2

Pelaksanaan Program Kegiatan Ramadhan bertujuan untuk merekatkan silaturahmi antar pegawai Pengadilan Agama Penajam dalam bentuk positif. Selain itu, tausiyah juga diadakan dengan maksud saling mengingatkan sesama untuk berupaya memaksimalkan perbuatan baik, di dalam lingkungan kerja maupun di lingkungan sehari-hari. Sementara program Khotmil Qur’an bermaksud memotivasi pegawai Pengadilan Agama untuk semangat membaca AL Qur’an, mempelajari, mengamalkan, serta mensyiarkannya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi