LOGO web 2 1

on . Hits: 135

Pemilihan Agen Perubahan PA Penajam seperti Pesta Demokrasi

 

Pemilihan agen perubahan di Pengadilan Agama (PA) Penajam, Jumat (29/1) berlangsung demokratis. Sebanyak 6 calon bersaing di atas panggung pemilihan. Mereka antara lain, Daru Halleila (hakim), Nur Triyono (hakim), Iin Agustinara D. (Kasubbag Kepegawaian dan Ortala), Hijrachman (Pengelola Barang Milik Negara), Endang Puji Astuti (Panitera Muda Hukum), dan Abdul Rahman Sidik (Jurusita Pengganti).

AP 1

AP 2

Keenam orang calon tersebut merupakan nominator yang sebelumnya dipilih oleh tim yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan ketua PA Penajam, berdasarkan kriteria integritas, kejujuran, loyalitas, kedisiplinan, profesionalisme. Kegiatan pemilihan agen perubahan ini dilakukan satu kali dalam setahun.

AP 3

Kegiatan pemilihan agen perubahan kali ini didesain tak ubahnya pemilihan umum. Peserta pemilih yang terdiri dari semua pegawai PA Penajam menyampaikan hak suaranya di dalam bilik suara dengan mencoblos gambar pada kertas suara.

AP 4

Kegiatan pemilihan agen perubahan diawali dengan pembukaan, sambutan Ketua PA Penajam, dan pembacaan tata tertib oleh ketua panitia, dan pelaksaan pemungutan suara. Berdasarkan tata tertib, peserta pemilih terdiri dari unsur pimpinan, hakim, ASN, CPNS, dan tenaga PPNPN. Tata cara pemilihan pada kertas suara dengan mencoblos foto calon. Apabila perolehan hitungan suara mencapai 50% plus 1, maka cukup satu putaran saja. Jika kurang dari itu, maka dilakukan pemungutan suara putaran kedua dengan mencalonkan 2 orang kandidat dengan nilai tertinggi. Selanjutnya, setelah pemungutan suara usai, dilanjutkan dengan penghitungan jumlah suara sekaligus menetapkan pemenang.

AP 5

Berdasarkan jumlah absensi yang hadir, jumlah pemilih 27 orang. Sedangkan berdasarkan tabulasi suara, pada putaran pertama, masing-masing calon memperoleh suara secara berurutan berdasarkan peraih suara terbanyak sebagai berikut:

1. Nur Triyono (12 suara)

2. Abdul Rahman Sidik (5 suara)

3. Daru Halleila (4 suara)

4. Hijrachman ( 4 suara)

5. Endang Puji Astuti (2 suara)

6. Iin Agustinara D. (0 suara)

Karena perolehan suara tertinggi tidak mencapai 50% plus 1, maka pemilihan dilanjutkan ke putara kedua dengan mencalonkan Nur Triyono dan Abdul Rahman Sidik. Persaingan sangat sengit. Jumlah suara kedua calon kejar-kejaran. Situasi makin menegangkan ketika kedua calon memperoleh nilai yang sama yakni 13 suara.

AP 6

Karena tinggal satu lembar surat suara yang belum dibuka, maka secara spontan Ketua PA Penajam, Firdaus Muhammad, mengambil alih membuka pelan surat suara. Dan, ternyata surat suara penentu tersebut membawa kemenangan Abdul Rahman Sidik sebagai pemenang dengan skor akhir perolehan suara 14 dan ditetapkan sebagai agen perubahan PA Penajam tahun 2021.

AP 7

Pemilihan agen perubahan merupakan rangkaian kegiatan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Secara umum tugas agen perubahan sebagai pelopor perubahan dan sekaligus dapat menjadi panutan dalam berperilaku yang mencerminkan integritas dan kinerja yang tinggi di lingkungan organisasi.

AP 8

Secara spesifik tugas agen perubahan, pertama, sebagai Katalis yang bertugas memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai di lingkungan unit kerja tentang pentingnya perubahan unit kerja menuju ke arah unit kerja yang lebih baik. Kedua, sebagai penggerak perubahan yang bertugas mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju ke arah unit kerja yang lebih baik. Ketiga, sebagai pemberi solusi yang bertugas memberikan alternatif solusi kepada para pegawai atau pimpinan di lingkungan unit kerja yang menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan unit kerja menuju unit kerja yang lebih baik.

AP 9

Keempat, sebagai mediator yang bertugas membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan membina hubungan antara pihak-pihak yang ada di dalam dan pihak di luar unit kerja terkait dengan proses perubahan. Kelima, sebagai penghubung yang bertugas menghubungkan komunikasi dua arah antara para pegawai di lingkungan unit kerjanya dengan para pengambil keputusan.

Mengingat pentingnya peran agen perubahan, Ketua PA Penajam mengatakan agar agen perubahan segera membuat rencana kerja yang relevan dan menunjang kegiatan aksi perubahan. Tetap menjadi teladan dan inspirasi bagi pegawai lain.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi