LOGO web 2 1

on . Hits: 205

Ulang Tahun PA Penajam ke-2

Meraih Mimpi dengan Akreditasi Berpredikat A Excellent

Tepat pada tanggal 22 Oktober 2020 Pengadilan Agama (PA) Penajam genap berusia 2 tahun. Usia yang cukup belia untuk ukuran tumbuh kembang manusia. Namun, sebagai institusi di lembaga yudikatif, usia belia bukan menjadi alasan terbatasnya kualitas pelayanan dan inovasi. Maka itu, PA Penajam terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Berkomitmen terus menjalankan program prioritas Dirjen Badilag.

Ultah 1

Baru-baru ini, misalnya, PA Penajam meluncurkan program inovasi pembayaran vorskot biaya perkara menggunakan aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard). Sistem pembayaran yang adaptable dengan kondisi pencegahan Covid-19 tersebut berkat kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri Cabang Penajam. Masyarakat sangat terbantu dan transaksi keuangan mulai bergerak dari cara konvensional ke arah Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025.

 

Ultah 2

Tak hanya berhenti di situ. Kualitas pelayanan kepada masyarakat juga terus digenjot dengan menempatkan petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang terlatih dan terampil. Mereka digembleng secara khusus dan berkelanjutan di bidang service excellence oleh orang-orang terlatih dari BSM Cabang Penajam. Sehingga konsep pelayanan PA Penajam dirancang menyamai kualitas pelayanan di lembaga-lembaga perbankan.

Merayakan Ultah

Merayakan ulang tahun ke-2, PA Penajam tak mau menyia-nyiakan momen istimewa. Tepat di hari Rabu (22/10) seluruh pegawai PA Penajam memeriahkan hari jadi dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Dimulai tepat pukul 09.00 WITA. Segenap pegawai berkumpul di ruang pertemuan. Mendengarkan sambutan dari Ketua PA Penajam, Firdaus Muhammad.


Ultah 8

Dalam sambutannya ia menyampaikan kalimat menyentak bagi segenap pegawai. “Jangan tanya sudah berapa banyak yang telah kita peroleh dari kantor. Tapi bertanyalah sudah berapa banyak kontribusi yang kita berikan untuk kemajuan kantor.” Pesan tersebut menyiratkan bahwa sebagai aparat peradilan jangan pernah mencari keuntungan dari hasil kerja. Penghasilan yang diperoleh dalam setiap bulan adalah apresiasi negara atas kinerja kita yang harus dibalas dengan bekerja giat, ikhlas, dan tuntas memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Demi memeriahkan acara, panitia mengadakan aneka lomba yang bisa dikatakan seru dan menantang. Ketua panitia, Iqbal Khairillah, bersama tim menyusun perlombaan meliputi lomba cerdas cermat yang materinya berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama. Teknik tanya jawab ada dua: juri bertanya langsung dan melalui aplikasi. Peserta terdiri dari tiga kelompok yakni Jeruk, Matoa, dan Semangka. Tiap kelompok terdiri dari 3 orang. Setelah bersang sengit, pemenang lomba adalah Tim Jeruk.

Cerdas Cermat

Perlombaan makin gayeng setelah dilanjutkan adu pengetahuan dan performa pelayanan. Seluruh petugas PTSP diikutsertakan. Salah seorang hakim, Ayu Nur Rahmawati, berperan sebagai pelanggan/pihak berperkara dengan karakter antagonis sehingga memantik peserta untuk tetap tenang dan konsisten menerapkan prinsip layanan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5S). Bertindak sebagai tim penilai yakni, Wakil Ketua PA Penajam Achmad Fausi (penguasaan materi/knowledge) dan Fita Marischasari, Retail Banking Relationship Manager BSM Cabang Penajam (aspek performa). Dan, keluar sebagai pemenang ialah Nurul Fitriani.

Dalam konsep akreditasi penjaminan mutu, untuk mewujudkan performa peradilan Indonesia yang unggul (Indonesia Court Performance Excellent), salah satunya dengan mengidentifikasi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Maka itu, lomba pelayanan prima ini sangat relevan dengan kebutuhan lembaga karena melatih petugas PTSP untuk lebih terampil dalam berkomunikasi, anggun dalam berpenampilan, dan cerdas memahami pengetahuan berkaitan dengan tupoksinya.

Ultah 5

Waktu bergulir. Di siang hari, setelah presentasi produk dari pihak BSM, acara dilanjutkan potong tumpeng. Sebagai wujud rasa syukur semua pegawai makan bersama. Penuh guyub. Rasa kekeluargaan terjalin. Seperti itulah gambaran suasana kantor yang dibangun atas dasar kebersamaan dan kekompakan. Kemudian, potong tumpeng secara simbolik dilakukan oleh Ketua PA Penajam yang diserahkan kepada Andik Eko Prasetyo, Branch Manajer BSM Cabang Penajam, yang hadir memberikan dukungan di hari ulang tahun PA Penajam.

Ultah 4

Ultah 3

Memang selama ini kerjasama PA Penajam dengan BSM Cabang Penajam berjalan sangat erat. “Saya baru menemukan di sini hubungan kerjasama yang begitu erat dan penuh kekeluargaan dengan mitra seperti BSM,” pujinya. Maka itu, ia berharap kerjasama terus dijalin dengan baik sampai kapanpun dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Ultah 7

Perlombaan dilanjutkan dengan lomba tarik suara. Beberapa peserta unjuk kebolehan. Mulai dari aliran dangdut hingga pop. Sebagian besar pegawai turut berpartisipasi. Setelah dewan juri mengumpulkan nilai dan bermusyawarah, tiga nama melaju sebagai pemenang. Umaeroh Nur Sabighoh (juara 1), Karani Kutni (juara 2), Abdul Rahman Sidik (juara 3). Acara dipungkasi dengan penyerahan hadiah kepada seluruh pemenang lomba.

Ultah 6

Selamat ulang tahun PA Penajam yang ke-2. Semoga semakin maju bergerak dalam perubahan. Memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. Sesuai mottonya: Cakep (Cepat, Akuntabel, Kreatif, Efektif-Efisien, Profesional).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi