LOGO web 2 1

on . Hits: 125

Penandatanganan MoU dan Service Excellence Sharing bersama Bank Syariah Mandiri 

 

 

Penajam, Senin/ 21 September 2020.

Pengadilan Agama (PA) Penajam bersama Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Penajam menyelenggarakan kegiatan sharing mengenai Service Excellence (pelayanan prima) bertempat di ruang sidang PA Penajam, Jumat/ 18 September 2020. Kegiatan sharing ini diiringi penandatanganan pembaharuan MoU kerjasama antara kedua belah pihak yang telah berlangsung sejak berdirinya PA Penajam. Diikuti oleh seluruh pegawai pengadilan, service excellence sharing memberikan manfaat yang besar khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan tim Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Penajam. Namun, budaya pelayanan prima tidak hanya menjadi tanggung jawab tim PTSP saja, tetapi juga seluruh pegawai PA Penajam.

WhatsApp Image 2020 09 18 at 13.17.23

 

WhatsApp Image 2020 09 18 at 13.34.23

 

“Dalam budaya kerja di kantor kita, ada nilai 5R (Rapih, Resik, Ringkas, Rawat, Rajin) dan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). Teman-teman yang bekerja di bidang perbankan sudah menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari sehingga membudaya. Pada kesempatan ini, kita akan mengaji dan menyerap ilmu dari teman-teman BSM agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kita khususnya bagi tim PTSP.” Ujar Firdaus Muhammad, S.H.I., M.H.I, Ketua PA Penajam dalam sambutannya. “Mengingat masyarakat yang datang ke PA Penajam adalah mereka yang ‘berobat’ mengenai masalah rumah tangga. Kualitas pelayanan yang baik akan membuat masyarakat pencari keadilan yang datang ke kantor PA Penajam akan merasa nyaman dan dihargai. “ sambungnya. Beliau juga meminta tips kepada tim BSM agar pegawai PA Penajam termotivasi dan tidak malu-malu dalam melakukan pelayanan prima.

Branch Manager BSM KCP Penajam, Andik Eko Prasetyo, mengapresiasi atas terpeliharanya kerjasama yang terjalin antara BSM dan PA Penajam. Ia berharap kerjasama tersebut dapat terus terjalin sehingga saling memberikan manfaat tidak hanya bagi kedua belah pihak, lebih luas lagi untuk umat.

Sementara itu, sharing session diisi oleh Relation Manager BSM KCP Penajam, Fita Marischasari. Mengawali karirnya di BSM sebagai front officer, Fita sangat menguasai bidang pelayanan khususnya bagi tim terdepan. Penampilannya yang ramah dan ceria, membuat materi pelayanan prima dapat diterima dengan baik oleh peserta. Fita menyampaikan, sebagai pelayan masyarakat, kita tidak boleh hanya memenuhi permintaan pelanggan (masyarakat pencari keadilan) saja. Memenuhi apa yang diminta adalah standar pelayanan. Namun, yang baik dilakukan bagi pelayan masyarakat adalah dapat memberikan melampaui yang diminta atau dibutuhkan oleh masyarakat. Ia juga menyampaikan menjadi pelayan masyarakat yang profesional dimulai dari penampilan dan etika yang baik.

WhatsApp Image 2020 09 18 at 14.01.09

 

WhatsApp Image 2020 09 18 at 15.31.39

Pelayanan prima tidak boleh hanya menjadi pengetahuan saja, tetapi juga menjadi keterampilan. Untuk itu, Fita memandu para peserta untuk melakukan role play. Pak Amin, selaku bagian sekuriti mendapat giliran pertama melakukan role play. “tugas Pak Amin sangat penting, karena ia yang paling terdepan dalam tim pelayanan” Fita menekankan. Selanjutnya Ashar, Nova dan Nurul mendapat kesempatan memperagakan pelayanan prima menghadapi masyarakat. Sebagai perbandingan, Fita juga sesekali memperagakan pelayanan di customer service BSM dalam menangani keluhan dari masyarakat. Sharing session ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di PA Penajam sehingga 5R dan 5S tidak hanya menjadi menjadi slogan saja, tetapi juga menjadi nilai-nilai yang membudaya. (Hly)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi