banner pa penajam

on . Hits: 107

Bangun Budaya Keilmuan, Ikahi PA Penajam Gelar Diskusi Itsbat Nikah

PENAJAM- Dalam rangka membangun kesinambungan budaya keilmuan di lingkungan Pengadilan Agama Penajam, Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Pengadilan Agama Penajam pada hari Jum’at, 26 Juli 2019 mengadakan diskusi dan kajian hukum dengan mengangkat tema tentang “Itsbat Nikah Voluntair atau Contentius?”, yang langsung disampaikan oleh penyaji makalah Ketua Pengadilan Agama Penajam Muslich, S.Ag, M.H. dengan dipandu oleh Bapak Nor Hasanuddin, Lc., MA sebagai moderator.

Mengawali acara tersebut, Bapak Nor Hasanuddin, Lc., M.A. yang juga merupakan Ketua IKAHI PA Penajam menyampaikan, kegiatan ini harus menjadi kebanggaan warga PA Penajam. Hal ini mengingat IKAHI pada satuan kerja lainnya belum tentu diadakan diskusi serupa. Apalagi kegiatan ini telah ditetapkan sebagai kegiatan rutin bulanan oleh IKAHI PA Penajam.

Dalam paparannya sebelum mempresentasikan makalahnya, Ketua PA Penajam, Muslich, S.Ag., M.H. mengapresiasi terselenggaranya kegiatan diskusi IKAHI PA Penajam yang melibatkan seluruh hakim, panitera dan jurusita, serta pegawai PA Penajam lainnya. Beliau menekankan, pentingnya melakukan olah pikir seperti menyelenggarakan diskusi bulan IKAHI, di samping juga melakukan olah raga seperti bermain tenis dan olah raga lainnya.

“Diskusi ini cukup penting dalam rangka menambah khasanah keilmuan kita. Semoga diskusi semacam ini ke depan secara rutin dapat terus dilaksanakan, dengan pemakalah secara bergiliran oleh para hakim sebagai pemakalah wajib. Namun jika ada dari kalangan unsur selain hakim yang ingin mempresentasikan siapa pun itu, saya tentu sangat mengapresiasi hal tersebut” ungkapnya.

Secara terpisah, Ketua IKAHI Cabang PA Penajam, Nor Hasanuddin, Lc., M.A. mengucapkan terima kasih kepada Pembina IKAHI PA Penajam, yang juga Ketua PA Penajam, yang telah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan diskusi kali ini, sekaligus menjadi narasumber.

“Atas nama IKAHI kami mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan insya Allah IKAHI Cabang PA Penajam telah menyiapkan berbagai materi hukum dan para nara sumbernya dalam rangka membangun kesinambungan budaya keilmuan di lingkungan PA Penajam” terang Nor Hasanuddin, Lc., M.A. yang juga sebagai Ketua IKAHI PA Penajam.

Ia menambahkan, InsyaAllah kegiatan yang sama akan terus kita laksanakan secara berkala dengan mengangkat tema-tema yang lebih teknis, selain itu mengkaji lebih detail berbagai sengketa yang timbul dan penyelesaiannya. (man-pnj)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi