banner pa penajam

on . Hits: 31

Semarak Ramadhan Pengadilan Agama Penajam

PENAJAM- Peningkatan kualitas keimanan dan ibadah dibulan ramadhan yang penuh maghfirah dan penuh rahmat serta ampunan adalah hal yang sangat diidamkan oleh semua umat muslim, pun begitu yang terasa di Pengadilan Agama Penajam.

Dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ibadah, Pengadilan Agama Penajam telah menyusun jadwal kegiatan selama bulan ramadhan, dimulai dari muadzin, imam sholat dzuhur, hingga penceramah Kultum (Kuliah Tujuh Menit).

berita100519 01 berita100519 02

Dengan memanfaatkan sela waktu persidangan (skorsing) seluruh Aparatur Pengadilan Agama Penajam dimulai dari Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris sampai honorer memenuhi ruang sidang yang di sulap sementara untuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah.

Selepas sholat dzuhur dilanjutkan dengan kegiatan kultum (kuliah tujuh menit) yang pada kesempatan pertama ini diisi oleh Panitera Pengadilan Agama Penajam Drs. Karani Kutni dalam kesempatan itu beliau mengingatkan kepada seluruh jamaah akan pentingnya Keutamaan Bulan Ramadhan.

berita100519 03

Karani menyampaikan keutamaan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, yaitu berpuasa selain mengajarkan seseorang untuk dapat mengendalikan hawa nafsu, selain itu puasa juga baik untuk kesehatan tubuh.

“Secara terminologi puasa adalah menahan dari makan dan minum, tetapi sebenarnya ada yang lebih dari itu, puasa itu tidak sekedar menahan diri dari makan minum semata, melainkan menahan diri dari segala hawa nafsu, dan yang terpenting puasa itu baik untuk kesehatan tubuh.” begitu dijelaskan penceramah kepada jamaah tentang makna puasa.

Dijadwalkan secara rutin kegiatan Kultum Ramadhan di dilaksanakan setiap hari kerja (Senin – Kamis) selama bulan suci Ramadhan dengan tujuan memanfaatkan waktu senggang (istirahat),  dengan tujuan mempererat silaturahmi dan memperdalam ukhuwah islamiah sembari berbagi ilmu agama untuk meningkatkan pengetahuan bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Penajam.

Sementara, Wakil Ketua Pengadilan Agama Penajam Reny Hidayati, S.Ag, S.H, M.H.I mengatakan kegiatan tersebut diadakan dengan harapan kami bisa sama-sama belajar agama, dan agar selama kegiatan Ramadhan ini mendapat Pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

“Mudah-mudahan kita menjadi muslim yang mampu memdapatkan rahmat bulan ramadhan ini, dan semakin meningkatkan kualitas keimanan dan ibadah di bulan suci ramadhan. Selamat berpuasa,” Ungkap Reny. (man-pnj)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi