banner pa penajam

on . Hits: 103

Perdana, PA Penajam Gelar Sidang Keliling di Kecamatan Sepaku

WhatsApp Image 2019 02 14 at 16.28.15

Kamis tanggal 07 Februari 2018 tepat pukul 06.00 WITA, tiga orang hakim (Reny Hidayati, S.Ag., S.H., M.H.I., Ismail, S.H.I. dan Nor Hasanuddin, Lc., M.A.), Panitera (Drs. Karani Kutni) dan dua orang panitera pengganti (Dra. Nuhare dan Zulfah, S.H.I.) dengan didampingi oleh satu orang pegawai teknis yakni Idhan Ridha, S.H. berangkat menuju Kecamatan Sepaku untuk melaksanakan sidang keliling perdana tahun 2019 di Kantor Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku.

Keberangkatan tujuh orang pegawai PA Penajam tersebut adalah berdasarkan surat tugas dari Wakil Ketua PA Penajam yang menunjuk ketujuh tersebut di atas untuk melaksanakan tugas sidang keliling PA Penajam di Kecamatan Sepaku dan sidang keliling juga diselenggarakan di Balai Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku.

Jarak tempuh perjalanan antara Penajam dengan Sepaku sejauh 80 km tidak menyurutkan semangat para pegawai PA Penajam yang mendapat tugas untuk melaksanakan sidang keliling perdana kali ini di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku. Mengingat tanggung jawab dan amanah yang diemban, perjalanan yang memakan waktu selama kurang lebih 3 jam tersebut terasa ringan ditempuh.

Setibanya di Balai Desa Bukit Raya tepat pukul 09.15 WITA, rombongan PA Penajam disambut antusias oleh Kepala Desa Bukit Raya beserta jajarannya. Para pihak yang berkelompok-kelompok terlihat memenuhi sekitar halaman Kantor Desa Bukit Raya. Mereka dengan sabar menunggu kedatangan Tim Sidang Keliling PA Penajam yang ditugaskan ke Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku.

Pemandangan di sekitar halaman Kantor Desa Bukit Raya ali ini terlihat tidak seperti biasanya. Sejak pagi hari telah penuhi oleh masyarakat yang menunggu Tim Sidang Keliling PA Penajam untuk bersidang. Tak tanggung-tanggung, jumlah mereka yang bakal disidangkan kali ini sekitar 64 perkara; 59 perkara di antaranya adalah perkara permohonan sedangkan sisanya adalah perkara gugatan.

WhatsApp Image 2019 02 14 at 16.28.16

Panitera PA Penajam, Drs. Karani Kutni, mengatakan bahwa sidang keliling merupakan salah satu program unggulan Pengadilan Agama Penajam dalam rangka memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam memperoleh keadilan dan pelayanan hukum. Landasan hukum pelaksanaan sidang keliling pada Pengadilan Agama Penajam adalah berdasarkan Peraturan Mahkamah RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

“Memberikan pelayanan hukum yang sebaik-baiknya bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan komitmen Pengadilan Agama Penajam. Salah satu implementasinya adalah Pengadilan Agama secara berkala melaksanakan sidang keliling dengan cara turun langsung bersidang di tengah-tengah masyarakat”, ujar Drs. Karani Kutni yang secara resmi menjadi Panitera Pengadilan Agama Penajam sejak bulan Oktober tahun 2018 yang lalu itu.

“Semoga Sidang Keliling perdana PA Penajam di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku ini menjadi awal yang baik bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan hukum yang hakiki sejalan dengan asas sederhana, cepat dan biaya ringan”, tambahnya lagi. (Hasan-Pnj)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Penajam

Jl. Provinsi KM. 8 Kel. Nipah-Nipah Kec. Penajam

Kab. Penajam Paser Utara - 76142

Kalimantan Timur

 

Telp: 0542-8541119

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi